Sama-Sama Ada Benjolan, Ini Beda Kanker Limfoma dan TB

Kamis, 18 Januari 2018 - 00:30 WIB
Sama-Sama Ada Benjolan, Ini Beda Kanker Limfoma dan TB
Sama-Sama Ada Benjolan, Ini Beda Kanker Limfoma dan TB
A A A
JAKARTA - Munculnya benjolan pada tubuh seperti di daerah leher, ketiak dan pangkal paha merupakan salah satu gejala dari kanker limfoma hodgkin. Namun, gejala yang sama juga bisa ditunjukkan pada tuberkulosis (TBC). Lalu apa bedanya?

Ketua Perhimpunan Hematologi-Onkologi Medik (PERHOMPEDIN), Prof. Dr. dr. Arry H. Reksodiputro, SpPD-KHOM menjelaskan, benjolan yang disebabkan karena kanker limfoma hodgkin umumnya disertai dengan demam atau meriang dan penurunan berat badan yang drastis.

"Orang TBC juga ada benjolan. Tapi 20% bisa kanker. Bedanya, kanker limfoma hodgkin akan demam yang datang dan hilang serta berat badan turun hingga 10% atau lebih," jelas Prof Arry saat temu media di Gran Melia, Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Meski benjolan tidak menyebabkan rasa sakit, namun ada gejala kanker limfoma hodgkin lainnya yang tidak boleh diremehkan. Di antaranya, mudah berkeringat di malam hari, gatal-gatal, kelelahan yang berlebihan dan kekurangan energi, kehilangan nafsu makan, batuk berkepanjangan hingga pembesaran limpa atau hati.

"Untuk memastikan benjolan kanker atau tidak, perlu melakukan pemeriksaan berupa biopsi. Biopsi untuk mengambil sebagian atau keseluruhan kelenjar getah bening," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6548 seconds (0.1#10.140)